Kota Semarang, Sejarah dan Geografis

Kenapa Harus Kuliah di Semarang?



Semarang adalah Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya berada di sebelah utara Pulau Jawa. Semarang adalah kota modern namum banyak bangunan yang memiliki nuansa Jawa yang masih kental. Semarang merupakan kota terbesar di Indonesia setelah 1. Jakarta, 2. Surabaya, 3. Medan, 4. Bandung dan 5. Semarang menduduki peringkat kelima.


1. Harga Sewa Tempat Tinggal yang Murah


Biaya sewa tempat tinggal di Semarang bisa dibilang cukup murah untuk para mahasiswa yang akan melanjutkan program kuliah di Semarang, rata-rata harga sewa tempat tinggal dengan fasilitas standart seperti Kos berkisar antara IDR.500.000 - IDR.1.000.000 yang biasa ditunjukkan untuk pelajar atau mahasiswa atau kontrakan yang berkisar antara IDR.5.000.000 - IDR.10.000 dengan kondisi rumah yang sederhana dan hanya ada dua hingga tiga kamar untuk yang ingin sharing atau tinggal bersama dengan teman sesama mahasiswanya agar lebih hemat. 


2. Harga Makanan Terjangkau


Mencari makanan enak di Semarang tidaklah sulit, di era digital ini banyak sekali para kuliner yang sering membuat konten di Youtube, Instragram dan Tiktok untuk memberikan rekomendasi kuliner enak yang berada di Semarang. Bukan hanya soal rasa, tetapi kuliner di Semarang tidak akan membuat dompet kosong, selain enak dan harga yang tidak mahal, kuliner disini juga tetap menjamin kehigenisan jualan nya, tidak salah jika Jawa Tengah memang terkenal akan biaya hidup dan makanannya yang murah dan ramah kantong ini.


Berikut beberapa rekomendasi tempat kuliner di Semarang yang terkenal dan Makanan Yang Wajib Dicoba:


1. Pecinan (Kuliner Malam Kaki Lima)


2. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.


3. Bandeng Presto

Semarang juga terkenal sebagai kota pesisir sehingga banyak hidangannya yang memanfaatkan ikan sebagai bahan utama seperti Bandeng Presto. Bandeng Presto Semarang pertama kali mucul berkat Hanna Budimulya pada tahun 1977 dan menjadi salah satu makanan khas Semarang oleh-oleh yang terkenal.

Cara memasak dengan teknik presto ini membuat duri-duri kecil yang ada di daging ikan bandeng bisa menjadi lunak. Selain itu daging ikan bandeng pun menjadi semakin lembut sehingga sangat nikmat untuk Anda santap bersama nasi hangat dan sambal.

Salah satu tempat terkenal untuk menikmati hidangan Bandeng Presto ini adalah Bandeng Presto Juwana Elrina yang ada di Jl. Pandanaran. Anda bisa mendapatkan satu kotak berisi lima ekor Bandeng Presto dengan harga sekitar Rp40.000,00 per kotak.





3. Fasilitas Transport yang Memadai

Fasilitas umum transportasi di Semarang juga cukup memadai, dengan adanya Bis Antarkota Semarang atau yang biasa dikenal dengan BRT ini juga mempunyai tarif yang murah dengan harga IDR.3.500 (untuk perkali naik) dan harga khusus untuk Pelajar/Mahasiswa dengan harga IDR.1.000.  Selain Bus banyak tersedia transportasi umum lainnya seperti Kereta Api, Becak maupun ojek online seperti Gojek, Grab dan Maxim.


International Office


Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@stekom.ac.id

Support Ratih Yuni Arman,M.Si
628156580901
Support Anggi Novita Sari
6282264192319
Support Nur Anisa N
6285875635135
Hello! Ada yang bisa saya bantu?
×
Hubungi kami ? 950