International Webinar 2022 - Get to know the beauty of diverse culture between countries – Part 3
Berita
  • 23 Januari 2023
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 12 Views

    Akademisi dari meksiko bahwa masakan tradisional Meksiko terdapat beberapa perbedaan antara regional dalam webinar internasional yang diadakan bersama Universitas STEKOM. Salah satu yang unik adalah masakan regional utara Meksiko. Makanan yang dimakan di bagian utara Meksiko sekarang berbeda dengan yang ada di selatan sejak era pra-Hispanik. Di sini, penduduk asli adalah pemburu-pengumpul dengan pertanian dan pemukiman terbatas karena tanah yang gersang.


    Arrachera panggang, udang, sosis, bawang bombay, kentang, dan cabai toreados disajikan di atas wajan besi. Ketika orang Eropa tiba, mereka menemukan sebagian besar tanah di daerah ini cocok untuk beternak sapi, kambing, dan domba. Hal ini menyebabkan dominasi daging, terutama daging sapi, di wilayah tersebut, dan beberapa hidangan paling populer termasuk machaca, arrachera, dan cabrito. Teknik memasak khas wilayah ini adalah memanggang, karena budaya peternakan mempromosikan memasak di luar ruangan yang dilakukan oleh laki-laki.


    Budaya peternakan juga mendorong produksi keju dan utara menghasilkan varietas keju terluas di Meksiko. Ini termasuk queso fresco (keju petani segar), ranchero (mirip dengan Monterey Jack), cuajada (dadih susu segar yang agak manis dan lembut), requesón (mirip dengan keju cottage atau ricotta), queso menonita semi-lembut Chihuahua, dan lima puluh enam jenis asadero (keju asap)


    Aspek penting lain dari masakan utara adalah adanya gandum, terutama dalam penggunaan tepung tortilla. Daerah ini memiliki setidaknya empat puluh jenis tepung tortilla. Alasan utamanya adalah karena sebagian besar tanah mendukung produksi gandum, yang diperkenalkan oleh Spanyol. Tortilla besar ini memungkinkan pembuatan burrito, biasanya diisi dengan machaca di Sonora, yang akhirnya mendapatkan popularitas di Amerika Serikat Barat Daya.


    Variasi bahan makanan di utara tidak begitu beragam seperti di selatan Meksiko, karena sebagian besar iklim gurun. Sebagian besar masakan di daerah ini bergantung pada teknik pengawetan makanan, yaitu dehidrasi dan pengalengan. Makanan kering termasuk daging, cabai, labu, kacang polong, jagung, lentil, kacang-kacangan dan buah kering. Beberapa di antaranya juga kalengan. Teknik pengawetan mengubah rasa makanan; misalnya, banyak cabai menjadi kurang panas setelah dikeringkan.


    Di Meksiko Timur Laut, selama periode kolonial Spanyol, Nuevo León didirikan dan dihuni oleh keluarga Spanyol yang berasal dari Yahudi (Crypto-Jews). Mereka berkontribusi pada masakan daerah dengan hidangan, seperti Pan de Semita atau "Roti Semit" (sejenis roti yang dibuat tanpa ragi), dan cabrito atau "bayi kambing", yang merupakan makanan khas Monterrey dan negara bagian Nuevo León. , serta beberapa wilayah di Coahuila.


    Bagian utara telah melihat gelombang imigrasi oleh Cina, Mormon, dan Mennonit, yang telah mempengaruhi masakan di daerah, seperti Chihuahua dan Baja California. Baru-baru ini, masakan Baja Med muncul di Ensenada dan di tempat lain di Baja California, memadukan cita rasa Meksiko dan Mediterania.


    Materi diatas disampaikan oleh presentator dari Mexico dalam webinar internasional yang diadakan Universitas STEKOM bekerjasama dengan Universitas dari Mexico, Ukraina, Ethiopia dan berbagai pihak lainnya. Judul presentasi yang dibawakan presentator dari Mexico tersebut adalah "Get to know the beauty of diverse culture between countries" .Nama presentator tersebut adalah Profesor Gina Garcia Walther yang merupakan seorang akademisi.


    Kegiatan webinar internasional tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan komitmen Universitas STEKOM untuk memperbanyak berbagai kegiatan Internasional. Hal itu dilakukan dalam rangka mewujudkan visi untuk menjadi Universitas berkelas Internasional. Berbagai kegiatan Internasional yang dilaksanakan Universitas STEKOM terus berjalan dari tahun ke tahun. Ada kegiatan internasional yang bersifat berkelanjutan dan ada juga beberapa kegiatan internasional yang tidak berkelanjutan. Semua jenis kegiatan internasional diakomodasi dan diatur oleh departemen Internasional Universitas STEKOM.



    Hello!

    Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@stekom.ac.id

    Support Ratih Yuni Arman,M.Si
    628156580901
    Support Anggi Novita Sari
    6282264192319
    Support Nur Anisa N
    6285875635135
    Hello! Ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Hubungi kami ? 950