International Webinar 2022 - Recession Proof business Strategies for 2023 – Part 13
Berita
  • 20 Januari 2023
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 14 Views

    Akademisi malaysia menjelaskan bahwa salah satu cara menahan resesi adalah dengan mengendalikan cash flow. Banyak pengusaha yang hanya mementingkan dan mengejar profit yang besar, tetapi kurang memperhatikan cash flow atau arus kas.


    Membangun brand dalam bisnis memang penting. Dengan brand yang sudah terbangun dengan baik biasanya diikuti dengan penjualan yang tinggi sehingga profit yang masuk semakin bertambah. Namun, jika dalam pengelolaan cash flow dalam bisnis tidak dikelola dengan baik dan benar, maka bisnis tidak lama lagi akan gulung tikar.


    Banyak pula kasus bisnis yang gulung tikar padahal profit yang dihasilkan besar, tetapi mereka kehabisan cash flow sehingga operasional dihentikan, manajemen tidak bisa membayarkan gaji, tagihan menumpuk, sehingga kinerja perusahaan menurun. Agar arus kas bisnis Anda tetap sehat, ada baiknya Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk menjaga cash flow atau arus kas bisnis berikut ini.


    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan tingkat prioritas pada pengeluaran. Pada dasarnya setiap pengeluaran memiliki tingkat prioritas yang harus diperhitungkan secara benar. Ada pengeluaran yang memiliki dampak besar terhadap kemajuan bisnis dan ada juga pengeluaran yang tidak terlalu berpengaruh dalam bisnis. Untuk itu, sebelum membuat keputusan untuk mengeluarkan kas, cobalah amati terlebih dahulu, apakah itu termasuk hal yang penting dan dapat mengembangkan bisnis, atau dapat ditunda pengeluarannya?

    Berikutnya anda perlu mengetahui biaya produksi & total pengeluaran untuk menjaga cash flow bisnis. Dengan mengetahui secara rinci total pengeluaran selama masa produksi bisa menghindarkan Anda dari salah menentukan harga jual. Dengan perhitungan harga jual yang tepat ditambah dengan profit bisnis, maka cash flow bisnis Anda akan tetap sehat. Cara lain yang bisa menarik banyak pembeli adalah dengan memberikan diskon pada produk yang Anda jual, tetapi perlu diingat bahwa harga diskon jangan sampai di bawah harga pokok.


    Berikutnya anda juga perlu menerapkan strategi product bundling. Product Bundling atau penggabungan produk adalah salah satu strategi penjualan yang menarik untuk konsumen. Dengan hanya membeli satu produk konsumen akan mendapatkan gabungan dari beberapa produk. Manfaatnya bagi pemilik bisnis adalah produk yang dijual bisa lebih banyak, sehingga berdampak pada cash flow bisnis yang meningkat. Contoh saja pada rumah makan biasanya tersedia menu paket makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah dari menu biasa.


    Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan penawaran harga lebih tinggi untuk menyesuakan dengan biaya produksi, mendorong pembelian ulang kepada pelanggan, menunda penambahan inventaris, dan hal-hal lainnya. Pada prinsipnya untuk mengendalikan cash flow, kita perlu memperhatikan pengeluaran dan meningkatkan pemasukan.


    Materi diatas disampaikan oleh presentator dari Malaysia dalam webinar internasional yang diadakan Universitas STEKOM bekerjasama dengan Universitas dari Malaysia, RRC dan berbagai pihak lainnya. Judul presentasi yang dibawakan presentator dari malaysia tersebut adalah "Recession-proof bussiness strategies 2023 : Malaysia's Economy Perspaective." .Nama presentator tersebut adalah Hafizah Abdul Rahim yang merupakan senior lecturer and research fellow centre of excellence for social innovation and sustainability faculty of bussiness and communication Universiti Malaysia Perlis.


    Kegiatan webinar internasional tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan komitmen Universitas STEKOM untuk memperbanyak berbagai kegiatan Internasional. Hal itu dilakukan dalam rangka mewujudkan visi untuk menjadi Universitas berkelas Internasional. Berbagai kegiatan Internasional yang dilaksanakan Universitas STEKOM terus berjalan dari tahun ke tahun. Ada kegiatan internasional yang bersifat berkelanjutan dan ada juga beberapa kegiatan internasional yang tidak berkelanjutan. Semua jenis kegiatan internasional diakomodasi dan diatur oleh departemen Internasional Universitas STEKOM.



    Hello!

    Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@stekom.ac.id

    Support Ratih Yuni Arman,M.Si
    628156580901
    Support Anggi Novita Sari
    6282264192319
    Support Nur Anisa N
    6285875635135
    Hello! Ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Hubungi kami ? 950