Webinar internasional 2022 – Implementasi budaya lokal pada teknologi modern part 1.
Berita
  • 22 November 2022
    Oleh : priyadi, m.kom 20 Views

    Pada webinar internasional yang diadakan Universitas STEKOM pada tanggal 18 agustus 2022, seorang akademisi dari Amerika memberikan presentasi tentang "teknologi dalam pariwisata gastronomi". Nama akademisi tersebut adalah Elva Saldana Alvarez. Reputasi akademis Ibu Elva tidak sembarangan. Ibu elva memiliki gelar Magister dibidang penyajian Makanan yang diperoleh pada tahun 2013 dari Universitas Cornell. Ibu Elva juga memiliki gelar BBA dalam Gastronomi yang diperoleh pada tahun 2010 yang merupakan Gelar Universitas Negeri Baja California dengan penyebutan terhormat. Profil lebih lanjut mengenai Ibu Elva disampaikan oleh Bapak Setyo Nugroho.


    Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan komitmen Universitas STEKOM untuk memperbanyak berbagai kegiatan Internasional dalam rangka mewujudkan visi untuk menjadi Universitas berkelas Internasional. Berbagai kegiatan Internasional yang dilaksanakan Universitas STEKOM terus berjalan dari tahun ke tahun. Ada kegiatan internasional yang bersifat berkelanjutan dan ada juga beberapa kegiatan internasional yang tidak berkelanjutan. Semua jenis kegiatan internasional diakomodasi dan diatur oleh departemen Internasional Universitas STEKOM.


    Berikut ini adalah detail list pengalaman dari Ibu Elva :

    1. Wakil Direktur, Guru | FAKULTAS OENOLOGI DAN GASTRONOMI | UNIVERSIDAD AUTONOMA DE BAJA CALIFORNIA 2019 guru mata pelajaran berikut : jasa makanan, manajemen operasi di industri jasa makanan

    2. Rekan pemilik, manajer | RESTORAN KWARACHI | 2016-2017

    3. Pengawas | BODEGAS DE SANTO TOMAS | 2014-2016

    4. CPL ele LT) ira | UNIVERSITAS NEGERI BAJA CALIFORNIA| 2008-2015 | Sekolah Oenologi dan Gastronomi

    5. Konsultasi dan katering | RESTORAN DAERAH | 2008-2012 Pembuatan Sistem Kontrol Katering untuk acara-acara pribadi dan daerah

    6. Pameran dan Server | APLIKASI | 2007-2008 Membantu Kitchen Manager dalam pemesanan dan kontrol sistem

    7. Guru Bahasa Inggris Bisnis | yayasan anglo meksiko | 2007-2008 bisnis guru bahasa inggris bahasa inggris sebagai guru bahasa kedua untuk remaja dan dewasa.


    Sebelum lebih jauh membahas materi yang disampaikan oleh Ibu Elva, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang gastronomi. Gastronomi atau tata boga adalah seni, atau ilmu akan makanan yang baik. Penjelasan yang lebih singkat menyebutkan gastronomi sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan dari makan dan minuman. Sumber lain menyebutkan gastronomi sebagai studi mengenai hubungan antara budaya dan makanan, di mana gastronomi mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya (seni kuliner). Hubungan budaya dan gastronomi terbentuk karena gastronomi adalah produk budidaya pada kegiatan pertanian sehingga pengejawantahan warna, aroma, dan rasa dari suatu makanan dapat ditelusuri asal-usulnya dari lingkungan tempat bahan bakunya dihasilkan.


    Kata "gastronomi" pertama kali muncul pada zaman modern tepatnya di Prancis pada puisi yang dikarang oleh Jacques Berchoux pada tahun 1804. Kendati popularitas kata tersebut semakin meningkat sejak saat itu, gastronomi masih sulit untuk didefinisikan. Kata gastronomi berasal dari Bahasa Yunani kuno gastros yang artinya "lambung" atau "perut" dan nomos yang artinya "hukum" atau "aturan". Gastronomi meliputi studi dan apresiasi dari semua makanan dan minuman. Selain itu, gastronomi juga mencakup pengetahuan mendetail mengenai makanan dan minuman nasional dari berbagai negara besar di seluruh dunia. Peran gastronomi adalah sebagai landasan untuk memahami bagaimana makanan dan minuman digunakan dalam situasi-situasi tertentu. Melalui gastronomi dimungkinkan untuk membangun sebuah gambaran dari persamaan atau perbedaan pendekatan atau perilaku terhadap makanan dan minuman yang digunakan di berbagai negara dan budaya.


    Sebagian permintaan pariwisata saat ini memfokuskan diri pada daerah pedesaan.[15] Suatu bentuk wisata pedesaan telah berkembang menghasilkan 27% perjalanan wisata di seluruh dunia (1994) dan 20% dari wisata nasional di Prancis. Salah satu hal utama yang mendorong adalah gastronomi sebagai warisan budaya lokal. Dengan kata lain, gastronomi dapat menjadi bumbu utama dari aktivitas wisata.


    Di daerah pedesaan, pariwisata dan gastronomi memiliki potensi kolaborasi dengan agrikultur menghasilkan simbiosis mutualisme. Pariwisata dan gastronomi dapat mendukung jasa agrikultur seperti melihat pemandangan, tur pertanian, dan mencicipi makanan lokal. Sementara itu agrikultur dapat mendukung industri pariwisata dalam hal menyediakan produk agrikultur untuk dijual ke wisatawan dan kultivasi pemandangan sebagai objek wisata.


    Pada struktur ekonomi premodern, sebelum diciptakannya sistem transportasi jarak jauh dan perdagangan makanan lintas nasional dan iklim, pertanian dan industri makanan lebih banyak melayani pangsa pasar lokal. Perbedaan sumber daya alam dan keahlian lokal menghasilkan produksi makanan lokal yang unik. Elemen lokal lain seperti arsitektur, kerajinan tangan, cerita rakyat, bahasa regional, seni visual, referensi literatur dan cara hidup berkembang dengan cara berbeda-beda dan berkontribusi pada karakter suatu daerah.


    Dari sudut pandang wisatawan, makanan dengan identitas lokal setara dengan perjalanan mengelilingi museum dan monumen. Pariwisata membuat mereka dapat merasakan identitas lokal tersebut, di sisi lain para wisatawan tersebut memberikan kesempatan bagi industri pariwisata untuk menawarkan produk baru.



    Hello!

    Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@stekom.ac.id

    Support Ratih Yuni Arman,M.Si
    628156580901
    Support Anggi Novita Sari
    6282264192319
    Support Nur Anisa N
    6285875635135
    Hello! Ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Hubungi kami ? 950