Webinar internasional 2022 – Implementasi budaya lokal pada teknologi modern part 2.
Berita
  • 22 November 2022
    Oleh : priyadi, m.kom 15 Views

    Pada webinar internasional yang diadakan UNIVERSITAS STEKOM pada tanggal 18 agustus 2022, seorang akademisi dari amerika memberikan presentasi tentang "teknologi dalam pariwisata gastronomi". Nama akademisi tersebut adalah Elva Saldana Alvarez. Melanjutkan artikel sebelumnya, Ibu Elva kemudian menjelaskan tentang mole meksiko. Mole adalah nama umum untuk beberapa jenis saus yang digunakan di Meksiko. Dalam bahasa Inggris, kata Mole merujuk pada saus tertentu yang sebetulnya lebih dikenal dengan nama mole poblano dalam bahasa Spanyol. Yang sudah biasa dengan masakan Meksiko pasti mengenal nama guacamole (avocado mole).


    Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan komitmen Universitas STEKOM untuk memperbanyak berbagai kegiatan Internasional dalam rangka mewujudkan visi untuk menjadi Universitas berkelas Internasional. Berbagai kegiatan Internasional yang dilaksanakan Universitas STEKOM terus berjalan dari tahun ke tahun. Ada kegiatan internasional yang bersifat berkelanjutan dan ada juga beberapa kegiatan internasional yang tidak berkelanjutan. Semua jenis kegiatan internasional diakomodasi dan diatur oleh departemen Internasional Universitas STEKOM.


    Di Meksiko, istilah mole ini dipakai untuk sejumlah saus, beberapa di antaranya cukup berbeda satu sama lain. Jenis yang paling populer berasal dari negara bagian Meksiko, Puebla dan Oaxaca. Di San Pedro Atocpan, yang terletak di Milpa Alta daerah federal Meksiko, pinggiran selatan kota Meksiko, terdapat pekan raya nasional Mole tahunan.

    Mole poblano, yang namanya berasal dari nama negara bagian Meksiko, Puebla, adalah saus populer di masakan Meksiko. Mole poblano disiapkan dengan cabe, bumbu-bumbu, coklat tanpa gula dan bahan-bahan lainnya. Ada banyak cerita tentang penemuannya, tetapi tidak satupun yang resmi.

    Salah satu jenis hidangan yang lebih populer adalah Mole Poblano de Guajolote atau Kalkun dengan Mole. Mole sering digunakan untuk mempersiapkan masakan jenis ayam atau isian keju enchilada; sering kali disendok dan disiramkan ke atas ayam, nasi ataupun kentang. Resepnya disempurnakan oleh sejumlah biarawati atas perintah Santa Rosa untuk memberikan kesan pada saat ada kunjungan politik dan pejabat gereja di Meksiko pada abad ke-17.

    Mole siap pakai bisa dibeli di toko ataupun supermarket. Mole siap pakai biasanya berbentuk bubuk ataupun pasta dengan warna yang beraneka ragam, hitam kehijauan ataupun kuning bergantung pada bahan yang digunakan. Di era modern, Mole dijual dalam bentuk kaleng, stoples, dadu yang bisa dilarutkan dalam air atau kaldu.

    Mole berasal dari kata bahasa Nahutl, mulli, yang artinya "saus", "campuran", "ramuan", "rebusan". Dalam logat bahasa Inggris bentuk kata molé, menyatakan pengucapan akhiran huruf e berbeda dengan e ada kata mole, yang sudah pasti artinya berbeda.


    Mole adalah salah satu hidangan Meksiko yang paling representatif, terutama untuk perayaan besar. Sembilan puluh sembilan persen orang Meksiko telah mencoba setidaknya satu jenis Mole. Hidangan ini menikmati popularitas terbesarnya di Meksiko tengah dan selatan, tetapi versi yang lebih sederhana dari Mole poblano berhasil sampai ke utara. Namun, versi utara jauh lebih rumit dan umumnya digunakan untuk membuat enchilada.

    Konsumsi Mole sangat terkait dengan perayaan. Di Meksiko, mengatakan "pergi ke Mole" (ir a un Mole) berarti pergi ke pesta pernikahan. Mole memiliki rasa yang kuat, terutama yang gelap dan dianggap sebagai rasa yang diperoleh sebagian besar orang. Ini telah melahirkan pepatah lain, "(estar) en su mero mole", yang berarti sesuatu seperti "secangkir teh".

    Untuk mempromosikan saus versi daerah mereka, sejumlah tempat menyelenggarakan festival yang didedikasikan untuk itu. Feria Nacional del Mole (Festival Mole Nasional) dimulai pada tahun 1977 di San Pedro Atocpan, dan diadakan setiap tahun pada bulan Oktober. Itu dimulai di luar kota, di komunitas kecil Yenhuitlalpan, pada bulan Mei. Keempat restoran di sana memutuskan untuk memanfaatkan festival Señor de las Misericordias (Lord of the Mercies) untuk mempromosikan Mole mereka. Terlepas dari kesuksesan mereka, sejumlah orang di desa tidak suka bahwa mereka menggunakan festival keagamaan untuk tujuan komersial, sehingga festival Mole terpisah dibuat untuk bulan Oktober. Hari ini, 37 restoran dan produsen Mole berpartisipasi dalam acara tersebut. Varietas yang paling populer adalah Mole almendrado. Awalnya, pekan raya versi Oktober diadakan di kota itu sendiri, tetapi setelah menjadi terlalu besar, pekan raya tersebut dipindahkan ke tempat pekan raya yang telah disiapkan di luar sepanjang jalan raya.

    Kota Puebla juga mengadakan festival Mole tahunan, yang acaranya dibagi di antara biara Santa Rosa, Santa Inés, dan Santa Catarina. Rekor dunia untuk pot Mole terbesar dipecahkan di festival kota tahun 2005. Pot itu berdiameter 1,4 meter di bagian bawah, tinggi 1,9 meter, dengan diameter di bagian atas 2,5 meter. Empat ratus orang berpartisipasi dalam persiapannya, menggunakan 800 kilo pasta Mole, 2.500 kilo ayam, 500 kilo tortilla, dan 1.600 kilo kaldu. Makanan yang dihasilkan memberi makan 11.000 orang.

    Para wanita Santa María Magdalena di Querétaro telah dikenal secara lokal karena Mole mereka selama sekitar 100 tahun. Pada tahun 1993, mereka memutuskan untuk mengadakan kontes Mole terbaik. Ini adalah awal dari Feria del Mole y Tortilla (Festival Mole dan Tortilla) yang diadakan setiap tahun sejak saat itu. Itu masih menampilkan juru masak Mole dan menarik ratusan pengunjung dari negara bagian. Komunitas Coatepec de Morelos di munisipalitas Zitácuaro, Michoacán, mengadakan Feria de Mole tahunan pada bulan April.

    Mole telah menjadi produk makanan siap saji yang populer dan banyak tersedia di Amerika Serikat. Beberapa merek pasta Mole tersedia di Amerika Serikat dan dapat ditemukan secara daring. Chicago memiliki festival Mole tahunan untuk imigran Meksiko di pusat komunitas Universidad Popular. Acara ini adalah kontes memasak, yang memiliki lebih dari 40 peserta, dengan pemenangnya akan mendapatkan US $500.



    Hello!

    Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@stekom.ac.id

    Support Ratih Yuni Arman,M.Si
    628156580901
    Support Anggi Novita Sari
    6282264192319
    Support Nur Anisa N
    6285875635135
    Hello! Ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Hubungi kami ? 950