Webinar internasional 2022 – Implementasi budaya lokal pada teknologi modern part 5.
Berita
  • 23 November 2022
    Oleh : priyadi, m.kom 12 Views

    Pada webinar internasional yang diadakan UNIVERSITAS STEKOM pada tanggal 18 agustus 2022, seorang akademisi dari Universitas Debre Tabor, Ethiopia. Nama akademisi tersebut adalah Meseret Worku yang merupakan seorang dosen di departemen manajemen sejarah dan heritage kultural. Judul presentasi yang disampaikan Bapak meseret adalah "Survey of tangible cultural of Ethiopia". Penjelasannya dimulai dari perkenalan, lalu dilanjutkan dengan penjelasan mengenai definisi tentang heritage, dan seterusnya.


    Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan komitmen Universitas STEKOM untuk memperbanyak berbagai kegiatan Internasional dalam rangka mewujudkan visi untuk menjadi Universitas berkelas Internasional. Berbagai kegiatan Internasional yang dilaksanakan Universitas STEKOM terus berjalan dari tahun ke tahun. Ada kegiatan internasional yang bersifat berkelanjutan dan ada juga beberapa kegiatan internasional yang tidak berkelanjutan. Semua jenis kegiatan internasional diakomodasi dan diatur oleh departemen Internasional Universitas STEKOM.


    Dalam menjelaskan tentang warisan budaya, Bapak Meseret merujuk ke beberapa sumber. Salah satu sumber yang dirujuk adalah definisi warisan budaya dari UNESCO. Heritage adalah warisan budaya yang kita terima dari masa lalu, yang kita jalani di masa sekarang dan yang akan kita wariskan kepada generasi mendatang. Dengan Konvensi 1972 tentang Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia, UNESCO menetapkan bahwa tempat-tempat tertentu di Bumi memiliki "nilai universal yang luar biasa" dan termasuk dalam warisan bersama umat manusia, seperti Hutan Serengeti di Afrika Timur, Piramida Mesir, Great Barrier Reef di Australia dan katedral Baroque di Amerika Latin.

    Meskipun demikian, warisan budaya tidak terbatas pada monumen dan koleksi benda. Itu juga terdiri dari ekspresi hidup yang diwarisi dari nenek moyang kita, seperti tradisi lisan, seni pertunjukan, tata krama sosial, ritual, acara pesta, pengetahuan dan praktik yang berkaitan dengan alam dan alam semesta, serta pengetahuan dan teknik yang terkait dengan kerajinan tradisional. Terlepas dari kerapuhannya, warisan budaya takbenda atau warisan hidup merupakan faktor penting dalam menjaga keragaman budaya.

    Bagi UNESCO Santiago, gagasan warisan penting untuk budaya dan masa depan karena merupakan "potensi budaya" masyarakat kontemporer, berkontribusi pada penilaian kembali budaya dan identitas secara terus menerus dan merupakan sarana penting untuk transmisi pengalaman, keterampilan dan pengetahuan. antar generasi. Lebih jauh lagi, heritage merupakan sumber inspirasi kreativitas dan inovasi yang menghasilkan produk budaya kontemporer dan masa depan. Warisan budaya memiliki potensi untuk mempromosikan akses dan penikmatan keanekaragaman budaya. Ini juga dapat memperkaya modal sosial dan menciptakan rasa kepemilikan individu dan kolektif, yang membantu menjaga kohesi sosial dan teritorial. Di sisi lain, warisan budaya telah menjadi signifikan secara ekonomi bagi sektor pariwisata di banyak negara. Hal ini juga menimbulkan tantangan baru bagi pelestariannya.


    Selain itu, dalam penjelasannya, Bapak Meseret juga merujuk ke Proklamasi 209/2000 tentang Pelestarian Cagar Budaya yang ada di negara Ethiopia. Isinya kurang lebih seperti berikut :


    BAHWA, Warisan budaya merupakan jejak cara hidup, tenaga kerja dan kreativitas masyarakat yang berusia berabad-abad;

    BAHWA, Warisan Budaya merupakan sumber informasi yang sangat diperlukan untuk tujuan studi dan penelitian tentang asal usul dan evolusi manusia dan bentuk kehidupan lainnya dan dengan demikian untuk pemahaman yang lebih baik tentang alam dan lingkungan.

    BAHWA, Cagar Budaya memberikan kontribusi besar dan universal bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan mengenai keseluruhan pengetahuan manusia pada umumnya.

    BAHWA, Etiopia, sebuah negara bangsa, kebangsaan dan masyarakat dengan sejarah dan budayanya sendiri, melalui perjalanan sejarahnya yang panjang telah memperoleh banyak warisan budaya termasuk yang telah terdaftar dalam Daftar Warisan Budaya Dunia;

    BAHWA, Cagar budaya berperan besar dalam memungkinkan generasi penerus memperoleh kesadaran yang mendalam dan luas tentang budaya dan sejarahnya, yang merupakan ekspresi identitasnya, sehingga perlindungan dan pelestarian warisan budaya telah menjadi tanggung jawab setiap warga negara. , masyarakat,

    BAHWA, menjadi perlu untuk memikirkan cara dan sarana untuk perlindungan dan pelestarian warisan budaya sepenuhnya dan untuk memastikan bahwa penelitian Cagar Budaya pada semua tahapan dilakukan dengan cara yang sesuai dengan kepentingan nasional dan hak-hak rakyat;



    Hello!

    Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@stekom.ac.id

    Support Ratih Yuni Arman,M.Si
    628156580901
    Support Anggi Novita Sari
    6282264192319
    Support Nur Anisa N
    6285875635135
    Hello! Ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Hubungi kami ? 950