Webinar International 2022 - The advantage of green engineering part 16
Berita
  • 06 Desember 2022
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 26 Views

    Subjek area rekayasa hijau yang tidak kalah penting dari lainnya adalah lantai bercahaya. Sistem pemanas radiasi memasok panas langsung ke lantai atau ke panel di dinding atau langit-langit rumah. Sistem sangat tergantung pada perpindahan panas radiasi - pengiriman panas langsung dari permukaan panas ke orang-orang dan benda-benda di dalam ruangan melalui radiasi infra merah. Radiant heating adalah efek yang Anda rasakan dari kehangatan elemen kompor panas dari seberang ruangan. Ketika pemanas berseri-seri terletak di lantai, sering disebut pemanas lantai berseri-seri atau hanya pemanas lantai.


    Pemanasan berseri-seri memiliki sejumlah keunggulan. Ini lebih efisien daripada pemanasan alas tiang dan biasanya lebih efisien daripada pemanasan udara paksa karena menghilangkan kehilangan saluran. Orang dengan alergi sering lebih suka radiasi panas karena tidak mendistribusikan alergen seperti sistem udara paksa. Sistem hidronik (berbasis cairan) menggunakan sedikit listrik, menguntungkan bagi rumah-rumah yang tidak memiliki jaringan listrik atau di daerah dengan harga listrik yang tinggi. Sistem hidronik dapat menggunakan berbagai sumber energi untuk memanaskan cairan, termasuk boiler berbahan bakar gas atau minyak standar, boiler berbahan bakar kayu, pemanas air surya, atau kombinasi dari sumber-sumber ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai jenis sumber energi dan sistem distribusi panas untuk pemanas rumah, jelajahi infografik Penghemat Energi 101 tentang pemanas rumah.


    Terlepas dari namanya, pemanas lantai berseri-seri sangat bergantung pada konveksi, sirkulasi panas alami di dalam ruangan saat udara yang dihangatkan oleh lantai naik. Sistem pemanas lantai berseri-seri sangat berbeda dari panel berseri-seri yang digunakan di dinding dan langit-langit. Untuk alasan ini, bagian berikut membahas pancaran panas lantai dan panel pancaran secara terpisah.


    Ada tiga jenis radiasi panas lantai - lantai udara bercahaya (udara adalah media pembawa panas), lantai berseri listrik, dan air panas (hidronik). Untuk lantai bercahaya selanjutnya dapat mengkategorikan jenis ini berdasarkan pemasangan. Instalasi yang memanfaatkan massa panas yang besar dari lantai pelat beton atau beton ringan di atas subfloor kayu disebut "instalasi basah", dan instalasi yang "memasang" pipa lantai berseri-seri di antara dua lapisan kayu lapis atau memasang pipa. di bawah lantai akhir atau subfloor disebut "instalasi kering".


    Presentator webinar internasional Universitas STEKOM yang menyampaikan materi tersebut adalah  Kefale Kebie Bishaw yang memiliki gelar akademik M.Sc dalam bidang Structural Engineering. Dia juga merupakan seorang dosen dan peneliti di Debre Tabor University yang terletak di kota Debre Tabor, Negara Ethiopia. Universitas STEKOM sudah beberapa kali mengadakan kerjasama dengan Universitas tersebut beberapa kali. Kali ini kegiatan internasional yang diadakan adalah webinar internasional yang berjudul "Advantage of Green Engineering".


    Judul presentasi yang disampaikan oleh Bapak Kefale adalah "Advantage of Green Engineering / Technology". Diawal presentasinya, Bapak Kefale menjelaskan tentang outline dari presentasinya. Adapun outline yang disampaikan oleh Bapak Kefale ada beberapa poin berikut :
    - Apa itu Rekayasa Hijau?
    - Kategori Rekayasa Hijau,
    - Faktor Pendorong Rekayasa Hijau,
    - Manfaat dan Beberapa Keterbatasan,
    - Kesimpulan dan saran.


    Kegiatan webinar tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan komitmen Universitas STEKOM untuk memperbanyak berbagai kegiatan Internasional dalam rangka mewujudkan visi untuk menjadi Universitas berkelas Internasional. Berbagai kegiatan Internasional yang dilaksanakan Universitas STEKOM terus berjalan dari tahun ke tahun. Ada kegiatan internasional yang bersifat berkelanjutan dan ada juga beberapa kegiatan internasional yang tidak berkelanjutan. Semua jenis kegiatan internasional diakomodasi dan diatur oleh departemen Internasional Universitas STEKOM.



    Hello!

    Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@stekom.ac.id

    Support Ratih Yuni Arman,M.Si
    628156580901
    Support Anggi Novita Sari
    6282264192319
    Support Nur Anisa N
    6285875635135
    Hello! Ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Hubungi kami ? 950