Webinar International 2022 - The advantage of green engineering part 20
Berita
  • 07 Desember 2022
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 20 Views

    Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh jika rekayasa hijau diterapkan dengan baik. Adapun manfaat rekayasa hijau secara umum dapat di list seperti berikut :

    - Meningkatkan praktik bisnis dan Meningkatkan lapangan kerja

    Insinyur hijau dapat mengunjungi fasilitas Anda, mengidentifikasi operasi yang bermasalah atau tidak efisien dan memperbaikinya. Proses ini dapat meningkatkan praktik bisnis dengan menghilangkan metode produksi yang tidak tepat dan membantu Anda mematuhi peraturan lingkungan federal atau negara bagian. Peningkatan proses pembuatan atau pengiriman juga dapat meningkatkan kualitas produk Anda dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Dampak lanjutannya dari bisnis yang terus berkembang adalah lapangan kerja yang juga akan meningkat. Dan sebenarnya masih banyak lagi dampat lanjutan lannya juga.

    - Meminimalkan energi atau limbah produksi

    Operasi yang tidak efisien dapat menghabiskan uang perusahaan, tetapi insinyur ramah lingkungan dapat membantu memecahkan masalah ini. Mereka mengidentifikasi di mana Anda membuang-buang energi atau efisiensi produksi, mengidentifikasi solusi potensial, memasang metode inovatif, dan menyediakan perawatan untuk mesin manufaktur Anda. Insinyur ramah lingkungan dapat memasang sumber energi alternatif, mengurangi langkah produksi Anda, meningkatkan kesinambungan dengan mengidentifikasi bahan konstruksi yang lebih baik, dan mengurangi tagihan energi Anda.

    - Mengurangi ketergantungan impor energi

    Penggunaan rekayasa hijau tentunya mendorong penggunaan sumberdaya yang berkelanjutan. Dimana sumber daya dari jenis tanaman umumnya dapat diberdayakan di semua negara. Dengan begitu, maka impor bahan bakar dari sumber fosil dapat dikurangi.

    - Bantu lingkungan global

    Peningkatan efisiensi energi, metode produksi yang lebih berkelanjutan, produk yang tahan lama, dan manufaktur yang efisien dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Mengurangi profil karbon atau limbah Anda dapat mengurangi keluaran polusi di area Anda. Bahkan perubahan kecil dapat menguntungkan area Anda dengan memberikan contoh lingkungan yang lebih baik untuk orang lain, seperti pesaing dan pelanggan Anda.

    - Perlindungan Lingkungan (mengurangi emisi gas rumah kaca)

    Rekayasa hijau yang komprehensif akan berperan untuk mengurangi produksi gas rumah kaca. Sebab, pengelolaan limbah filter limbah udara yang ditingkatkan dalam rekayasa hijau akan mendorong pembuangan limbah yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

    - Mengurangi konsumsi bahan bakar fosil

    Bahan bakar fosil akan habis dan tidak dapat diperbarui lagi. Oleh karena itu, industri harus siap jika keadaan tersebut benar-benar telah terjadi.

    - Merangsang pengembangan inovasi dan ekonomi

    Rekayasa hijau mendorong kreatifitas dan inovasi yang pada akhirnya juga akan meningkatkan ekonomi. Dunia industri didorong agar tidak hanya menggunakan bahan bakar fosil yang tersedia, tapi juga mengembangkan bahan bakar lainnya yang lebih ramah lingkungan.

    - Pembangunan pedesaan

    Karakter rekayasa hijau yang kreatif dan inovatif sangar relavan untuk dikembangkan di daerah pedesaan yang umumnya lebih terbatas fasilitasnya. Sehingga itu akan sangat relevan untuk dikembangkan di daerah pedesaan.

    - Pengurangan kelangkaan energi (perluasan kemampuan elektrifikasi pedesaan)

    Masih terkait dengan pedesaan yang umumnya lebih minim fasilitas, rekayasa hijau akan selalu menjadi jawaban yang tepat untuk masalah-masalah yang muncul di daerah pedesa. Elektrifikasi pedesaan terpencil akan lebih relevan dengan pemanfaatan rekayasa hijau yang tidak tergantung pada instalasi jaringan listrik skala besar.


    Presentator webinar internasional Universitas STEKOM yang menyampaikan materi tersebut adalah  Kefale Kebie Bishaw yang memiliki gelar akademik M.Sc dalam bidang Structural Engineering. Dia juga merupakan seorang dosen dan peneliti di Debre Tabor University yang terletak di kota Debre Tabor, Negara Ethiopia. Universitas STEKOM sudah beberapa kali mengadakan kerjasama dengan Universitas tersebut beberapa kali. Kali ini kegiatan internasional yang diadakan adalah webinar internasional yang berjudul "Advantage of Green Engineering".


    Judul presentasi yang disampaikan oleh Bapak Kefale adalah "Advantage of Green Engineering / Technology". Diawal presentasinya, Bapak Kefale menjelaskan tentang outline dari presentasinya. Adapun outline yang disampaikan oleh Bapak Kefale ada beberapa poin berikut :
    - Apa itu Rekayasa Hijau?
    - Kategori Rekayasa Hijau,
    - Faktor Pendorong Rekayasa Hijau,
    - Manfaat dan Beberapa Keterbatasan,
    - Kesimpulan dan saran.


    Kegiatan webinar tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan komitmen Universitas STEKOM untuk memperbanyak berbagai kegiatan Internasional dalam rangka mewujudkan visi untuk menjadi Universitas berkelas Internasional. Berbagai kegiatan Internasional yang dilaksanakan Universitas STEKOM terus berjalan dari tahun ke tahun. Ada kegiatan internasional yang bersifat berkelanjutan dan ada juga beberapa kegiatan internasional yang tidak berkelanjutan. Semua jenis kegiatan internasional diakomodasi dan diatur oleh departemen Internasional Universitas STEKOM.



    Hello!

    Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@stekom.ac.id

    Support Ratih Yuni Arman,M.Si
    628156580901
    Support Anggi Novita Sari
    6282264192319
    Support Nur Anisa N
    6285875635135
    Hello! Ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Hubungi kami ? 950