Seminar internasional : Keajaiban Kreativitas Deepfake dan Masa Depan Mengkhawatirkan AI Bagian 2
Berita
  • 27 Oktober 2023
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 192 Views

    Seminar internasional : Keajaiban Kreativitas Deepfake dan Masa Depan Mengkhawatirkan AI   Bagian 2

    Semarang, 22 Agustus 2023 - Universitas STEKOM menyelenggarakan seminar internasional dengan judul "The Incredible Creativity of Deepfakes and the Worrying Future of AI" pada hari Selasa, 22 Agustus 2023. Acara ini diadakan dalam rentang waktu pukul 14.00 hingga 16.00 Waktu Indonesia. Para pembicara ternama dari berbagai negara turut berpartisipasi dalam seminar ini untuk membahas topik menarik seputar deepfakes dan masa depan kecerdasan buatan.

    Berikut daftar pembicara yang turut berpartisipasi dalam seminar ini:

    1. Olena Parshyna (Doktor Ilmu Ekonomi, Profesor di Departemen Keamanan Siber & Teknologi Informasi) dari Universitas Cybersecurity & Management of Complex Systems (UMCF), Ukraina.
    2. Mykola Kostikov (Ph.D., Profesor Asosiasi di Departemen Teknologi Informasi, Kecerdasan Buatan, dan Keamanan Siber) dari Universitas Pangan dan Teknologi Gunaan Nasional (NUFT), Ukraina.
    3. Dr. Sadia Anwar (Peneliti Post Doktoral, Fakultas Bisnis & Komunikasi) dari Universiti Malaysia Perlis (UniMAP), Malaysia.
    4. Migunani M.Kom (Kepala Departemen Sistem Informasi) dari Universitas STEKOM, Indonesia.

    Moderator acara ini adalah Novita dari Bagian Hubungan Internasional Universitas STEKOM. Acara ini juga didokumentasikan dan dapat diakses melalui tautan YouTube berikut: Link YouTube.

    Olena Parshyna, salah satu pembicara utama dalam seminar ini, memaparkan materi tentang deepfakes dan teknik canggih yang digunakan dalam kecerdasan buatan. Presentasi Olena Parshyna mencakup beberapa poin kunci:

        Apa Itu Deepfake?
        Olena Parshyna menjelaskan bahwa deepfake adalah video atau gambar yang dimanipulasi dengan teknologi kecerdasan buatan sehingga membuat orang percaya pada sesuatu yang sebenarnya tidak nyata. Deepfake memiliki potensi digunakan baik untuk kebaikan maupun tujuan buruk. Ini bisa menciptakan orang yang sebenarnya tidak ada atau menunjukkan orang nyata melakukan atau mengucapkan sesuatu yang sebenarnya tidak mereka lakukan atau ucapkan.

        Teknik-Teknik Kuat dalam Deepfake
        Parshyna membahas teknik canggih yang digunakan dalam pembuatan deepfake, terutama yang berbasis pada metode pembelajaran mesin mendalam (deep learning) dan jaringan saraf generatif (generative neural networks).

        Aplikasi Kecerdasan Buatan dalam Deepfake
        Presentasi juga membahas bagaimana kecerdasan buatan digunakan untuk menciptakan deepfake, termasuk dalam menghasilkan konten media seperti teks, gambar, dan audio. Contoh yang disebutkan adalah penggunaan model teks ke gambar.

        10 Aplikasi dan Perangkat Lunak Deepfake Paling Populer di 2023
        Parshyna menyebutkan 10 aplikasi dan perangkat lunak deepfake yang populer, termasuk FaceApp, Zao, Deep Art, Deepfake Lab, dan lainnya. Ini adalah perangkat-perangkat yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan deepfake dengan mudah.

        Dampak Positif dan Negatif Deepfake
        Presentasi mencakup diskusi tentang cara deepfake bisa memiliki dampak positif dalam industri seperti film dan ritel mode, tetapi juga memberi tahu tentang potensi penyalahgunaan deepfake, seperti penyebaran informasi palsu dan manipulasi pemilihan.

        Upaya Identifikasi dan Penghentian Deepfake
        Parshyna menunjukkan upaya dari pemerintah dan perusahaan dalam memerangi deepfake, termasuk penggunaan watermark dan algoritma untuk mendeteksi deepfake. Dia juga menyoroti perlunya peraturan yang lebih ketat terkait teknologi ini.

    Dalam rangka menyongsong masa depan yang penuh tantangan terkait deepfake, Olena Parshyna dan para pembicara lainnya di seminar ini menegaskan bahwa penting bagi pemerintah dan perusahaan untuk turut serta dalam memerangi penyalahgunaan deepfake sambil mempromosikan manfaat positifnya. Kesadaran publik juga dianggap sebagai faktor penting dalam mengidentifikasi dan menghadapi deepfake.

    Seminar ini memberikan wawasan yang berharga tentang perkembangan dan tantangan terkait deepfake dalam dunia kecerdasan buatan, dan bagaimana teknologi ini dapat membentuk masa depan kita.



    950