Why We Need Engineers Now More Than Ever: Highlight Seminar Internasional Universitas STEKOM Part 3
Berita
  • 17 November 2023
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 123 Views

    *Semarang, 26 Juni 2023*

     

    Pada hari Senin, 26 Juni 2023, Universitas STEKOM melanjutkan seminar daring dengan membahas mengapa dunia membutuhkan insinyur lebih dari sebelumnya. Dalam bagian ketiga ini, Dr. Fuad Baghirov, seorang Senior Lecturer di bidang Ekonomi dari WCU, Azerbaijan, memberikan pandangannya tentang pentingnya peran insinyur, khususnya dalam konteks ekonomi global.

     

    Dalam sambutannya, Dr. Fuad Baghirov menyapa seluruh peserta dari Azerbaijan dan berbagi presentasinya dengan judul "Why We Need Engineers Now More Than Ever." Ia menyoroti beberapa pertimbangan mengapa profesi insinyur tetap menjadi pilihan yang sangat penting di era modern ini.

     

    Dr. Baghirov menjelaskan bahwa meskipun banyak orang cenderung memilih profesi seperti dokter atau ahli ekonomi, peran insinyur tidak kalah penting. Profesi ini bukan hanya tentang penghasilan atau membangun karier yang cemerlang, tetapi juga tentang kontribusi konkret terhadap perkembangan seluruh peradaban.

     

    "Trust us when we say the world needs more Engineers," ungkap Dr. Baghirov, menekankan bahwa berbagai disiplin ilmu teknik, seperti mekanik, sipil, kimia, atau elektrik, mencari individu yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan kualifikasi yang tinggi.

     

    Salah satu poin yang ditekankan oleh Dr. Baghirov adalah bahwa insinyur bukan hanya pemikir teoritis, tetapi juga pelaksana praktis. Mereka tidak hanya menciptakan ide-ide inovatif, tetapi juga menerapkannya dengan membuat prototipe dan menguji konsep-konsep mereka. Ini membantu menciptakan solusi praktis untuk berbagai masalah.

     

    Dr. Baghirov juga menyentuh isu kontemporer yang melibatkan pekerjaan insinyur, khususnya dalam bidang teknologi. Dengan munculnya otomatisasi dan kecerdasan buatan, beberapa perusahaan mungkin melakukan pemangkasan pegawai, termasuk insinyur perangkat lunak. Namun, ia menekankan bahwa kebutuhan akan insinyur tetap tinggi, karena mereka bukan hanya pemikir teoritis, tetapi juga pemecah masalah yang kreatif.

     

    Pertanyaan dari peserta terkait pemangkasan pegawai di bidang teknologi, khususnya insinyur perangkat lunak, dijawab oleh Dr. Baghirov. Ia menyatakan bahwa pilihan karier sebagai insinyur tidak hanya tentang kebutuhan pasar saat ini, tetapi juga tentang minat dan bakat pribadi. Sebagai contoh, Dr. Baghirov membagikan bahwa pilihannya menjadi insinyur teknologi kayu dan furnitur adalah hasil dari minat dan passion pribadinya, dan ia merasa puas dengan pilihannya.

     

    Diskusi kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan dari peserta yang menyoroti pentingnya pemilihan bidang studi sesuai minat dan kebutuhan pasar. Dr. Baghirov menekankan bahwa memahami minat pribadi, serta mengidentifikasi bidang yang akan terus diperlukan dalam masyarakat, dapat menjadi kunci kesuksesan dalam karier insinyur.

     

    Seminar ini terus memberikan wawasan berharga tentang peran insinyur dalam memecahkan tantangan zaman modern, dan Universitas STEKOM berkomitmen untuk terus menjadi tempat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan untuk memenuhi tuntutan masa depan.



    950