Webinar internasional "Think Fast, Talk Smart: Teknik Komunikasi untuk Berbicara di Depan Publik" bagian 3
Berita
  • 06 Oktober 2023
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 77 Views

    Pada hari Senin, 18 September 2023, Universitas STEKOM mengadakan seminar online dengan tema "Think Fast, Talk Smart: Teknik Komunikasi untuk Berbicara di Depan Publik". Acara ini merupakan bagian ketiga dari seminar tersebut yang disampaikan oleh Liashenko Rostyslav, PhD, seorang kandidat Ilmu Pendidikan (PhD) dan Profesor Asosiasi dari Central Ukrainian State University (CUSU) di Ukraina.

     

    Dalam seminar ini, Liashenko Rostyslav, PhD, membahas berbagai aspek tentang teknik komunikasi untuk berbicara di depan publik dengan pendekatan ilmiah dan pedagogis. Presentasinya mengambil sudut pandang yang sangat berguna bagi para guru, mahasiswa, dan individu yang terlibat dalam proses pendidikan dan berbagi pengetahuan.

     

    Dalam presentasinya, Liashenko Rostyslav, PhD, membahas berbagai konsep penting terkait teknik komunikasi pedagogis, yang termasuk:

    1.      Teknik komunikasi pedagogis: Ini adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh pendidik untuk mengorganisasi kelas pendidikan dengan efektif dan memahami cara berkomunikasi dengan siswa.

    2.      Fungsi komunikasi pedagogis: Dalam konteks ini, komunikasi pedagogis bertujuan untuk menciptakan iklim psikologis yang baik di kelas dan mengoptimalkan aktivitas pendidikan.

    3.      Dialog dalam pendidikan: Liashenko mencatat bahwa dialog merupakan aspek penting dalam pendidikan, di mana siswa dapat berinteraksi dengan guru dan sesama siswa untuk memahami berbagai sudut pandang.

    4.      Persiapan presentasi: Liashenko menekankan pentingnya persiapan yang baik untuk presentasi publik. Hal ini mencakup pemilihan kata-kata dengan hati-hati, logika pembicaraan, penggunaan bahasa yang tepat, dan penggunaan suara yang efektif.

    5.      Pengaturan emosi: Selama berbicara di depan publik, penting bagi pembicara untuk mengendalikan emosi mereka dan menggunakan suara mereka secara efektif.

    6.      Keterampilan pengaturan diri: Ini termasuk kemampuan untuk memahami dan mengelola keterampilan individu yang diperlukan untuk berbicara di depan umum.

    7.      Self-presentation: Pembicara harus dapat mempresentasikan diri mereka dengan baik di depan publik untuk menciptakan citra yang positif.

    8.      Self-actualization: Dalam konteks ini, self-actualization adalah tentang mengaktualisasikan potensi individu dan kemampuan mereka dalam berbicara di depan umum.

    9.      Self-realization: Self-realization mencakup kesadaran tentang kekuatan dan kelemahan pribadi dalam berbicara di depan umum.

    10.  Self-assessment: Ini melibatkan refleksi dan analisis diri terhadap presentasi publik yang telah dilakukan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi.

     

     

    Dalam presentasinya, Liashenko Rostyslav, PhD, juga menekankan pentingnya pengembangan gaya komunikasi individu yang sesuai dengan karakteristik pribadi dan kemampuan mereka, daripada mencoba meniru model yang tidak sesuai.

     

    Seminar ini sangat berguna bagi para pendidik dan siapa pun yang terlibat dalam berbicara di depan umum, karena memberikan wawasan mendalam tentang teknik komunikasi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik.

     



    950