Webinar internasional "Think Fast, Talk Smart: Teknik Komunikasi untuk Berbicara di Depan Publik" bagian 4
Berita
  • 20 Oktober 2023
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 82 Views

    Seminar yang berjudul "Think Fast, Talk Smart: Communication Techniques for Public Speaking" yang diselenggarakan oleh Universitas STEKOM pada tanggal 18 September 2023 menjadi sebuah acara yang sangat informatif dan bermanfaat bagi para peserta. Seminar ini menghadirkan sejumlah pembicara ahli dari berbagai negara, membahas berbagai aspek terkait berbicara di depan publik. Bagian keempat seminar ini dibawakan oleh Aftuqa Sholikatur Rohmania, M.M, Kepala Departemen Manajemen di STEKOM, Indonesia.

    Dalam presentasinya, Aftuqa Sholikatur Rohmania membahas sejumlah poin penting terkait teknik komunikasi yang efektif dalam berbicara di depan publik. Berikut adalah beberapa poin utama dari presentasi beliau:

    1.    Arti Penting Berbicara di Depan Publik
    o    Aftuqa mengawali presentasinya dengan menjelaskan pentingnya berbicara di depan publik. Berbicara di depan umum adalah proses berbicara kepada sekelompok orang dengan tujuan untuk memberikan informasi, memengaruhi, atau menghibur pendengar.
    2.    Tujuan dari Presentasi
    o    Tujuan dari sebuah presentasi bisa beragam, mulai dari memberikan informasi, memotivasi, berkomunikasi, hingga mendidik. Setiap presentasi harus memiliki tujuan yang jelas.
    3.    Komponen-Komponen Penting dalam Presentasi
    o    Aftuqa menguraikan bahwa presentasi yang efektif melibatkan empat komponen utama: situasi, audiens, pembicara, dan presentasi itu sendiri. Semua komponen ini harus dipersiapkan dengan baik sebelum melakukan presentasi.
    4.    Persiapan Presentasi
    o    Persiapan presentasi mencakup pemahaman tentang topik yang akan dibahas, pengidentifikasian audiens, dan pengorganisasian materi dengan logis. Selain itu, persiapan juga mencakup pemilihan visual aids jika diperlukan.
    5.    Teknik-Teknik Pengiriman yang Efektif
    o    Dalam presentasinya, Aftuqa juga menjelaskan beberapa teknik pengiriman yang penting, seperti penggunaan suara yang jelas, kontak mata yang kuat, bahasa tubuh yang mendukung, dan penggunaan alat bantu visual yang efektif.
    6.    Kesimpulan dan Tindak Lanjut
    o    Setiap presentasi harus diakhiri dengan kesimpulan yang kuat dan tindak lanjut yang menggugah audiens. Ini membantu meninggalkan kesan positif di antara pendengar.

    Selain presentasi dari Aftuqa Sholikatur Rohmania, seminar ini juga menampilkan pembicara-pembicara ahli dari berbagai negara, seperti Sheena dari HELP Malaysia, Adgezal Mammadov dari WCU Azerbaijan, dan Liashenko Rostyslav PhD dari CUSU Ukraine. Seminar ini dimeriahkan oleh MC Novita dari International Affairs STEKOM University dan diawali dengan sambutan pembukaan dari Dr. Joseph Teguh Santoso, Rektor Universitas STEKOM.

    Seminar "Think Fast, Talk Smart" menjadi sebuah kesempatan berharga bagi peserta untuk memahami teknik komunikasi yang efektif dalam berbicara di depan publik. Dengan demikian, diharapkan peserta dapat mengembangkan keterampilan berbicara mereka dan menjadi pembicara yang lebih percaya diri dan efektif dalam berbagai situasi.



    950