Why We Need Engineers Now More Than Ever: Highlight Seminar Internasional Universitas STEKOM Part 1
Berita
  • 17 November 2023
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 138 Views

    Semarang, 26 Juni 2023

     

    Pada hari Senin, 26 Juni 2023, Universitas STEKOM menggelar seminar daring yang sangat dinanti-nantikan dengan judul "Why We Need Engineers Now More Than Ever." Acara ini dihadiri oleh peserta dari berbagai belahan dunia yang terhubung secara virtual. Seminar ini menampilkan sejumlah pembicara terkemuka, salah satunya adalah Engineer Md. Safaet Hossain, Additional Director, IQAC and Head Dept of Comp Science & Engineering dari CU, Bangladesh.

     

    Dalam sambutannya, Engineer Md. Safaet Hossain mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran semua peserta dan menyatakan bahwa kehadiran mereka mencerminkan komitmen terhadap pengetahuan, pembelajaran, dan tetap berada di garis depan dalam bidang masing-masing. Beliau menyebut bahwa seminar ini adalah platform untuk bertukar ide dan menjelajahi perkembangan terbaru dalam bidang revolusi industri, khususnya dalam peran penting insinyur.

     

    **Latar Belakang Kerjasama Internasional**

     

    Engineer Md. Safaet Hossain juga mengenang momen penting pada tanggal 15 Juni 2022, di mana kerjasama internasional antara Universitas STEKOM dan University di Bangladesh dimulai. Dia merayakan ulang tahun satu tahun kerjasama ini sebagai tonggak penting dalam perkembangan universitas.

     

    **Mengapa Kita Membutuhkan Insinyur Lebih Dari Sebelumnya**

     

    Dalam presentasinya, Engineer Md. Safaet Hossain menyampaikan beberapa alasan mengapa kita membutuhkan insinyur lebih dari sebelumnya:

     

    1. **Revolution Industri Keempat (4IR):** Insinyur berperan kunci dalam mengembangkan teknologi seperti kecerdasan buatan, robotika, keamanan cyber, dan komunikasi satelit yang menjadi bagian dari Revolusi Industri Keempat.

     

    2. **Keberlanjutan dan Perubahan Iklim:** Insinyur turut berperan dalam merancang dan menerapkan praktik berkelanjutan, mengembangkan sumber energi terbarukan, dan menciptakan infrastruktur yang efisien secara energi.

     

    3. **Pembangunan Infrastruktur:** Seiring pertumbuhan populasi dan urbanisasi, insinyur bertanggung jawab merancang, membangun, dan merawat sistem infrastruktur seperti jalan, jembatan, jaringan pasokan air, dan sistem manajemen sampah.

     

    4. **Kesehatan dan Bioteknologi:** Pandemi COVID-19 menunjukkan pentingnya insinyur kesehatan dalam mengembangkan vaksin, meningkatkan layanan medis, dan mengatasi tantangan kesehatan masa depan.

     

    5. **Keamanan dan Privasi Data:** Dengan meningkatnya ketergantungan pada teknologi dan internet, insinyur keamanan cyber berperan penting dalam mengembangkan sistem yang aman dari ancaman siber.

     

    6. **Konektivitas Global dan Komunikasi:** Insinyur berkontribusi pada pengembangan teknologi komunikasi canggih dan jaringan untuk memastikan konektivitas global dan mengatasi kesenjangan digital.

     

    7. **Mitigasi Bencana dan Ketahanan:** Insinyur memainkan peran kunci dalam mengurangi dampak bencana alam dengan merancang struktur tahan gempa, banjir, dan hurikan serta mengimplementasikan sistem peringatan dini.

     

    **Dukungan STEKOM dalam Mempersiapkan Insinyur Masa Depan**

     

    Dalam penutup presentasinya, Engineer Md. Safaet Hossain menyampaikan bahwa insinyur memiliki keterampilan, pengetahuan, dan keahlian yang diperlukan untuk mengatasi tantangan paling mendesak saat ini. Kemampuan inovasi, pemikiran analitis, dan keterlibatan untuk menciptakan dunia yang lebih baik menjadikan mereka tak tergantikan dalam membentuk masa depan yang berkelanjutan, canggih secara teknologi, dan tangguh di era Revolusi Industri Keempat.

     

    Seminar ini juga menampilkan sejumlah pembicara lainnya, seperti Dr. Fuad Baghirov dari WCU, Azerbaijan, dan Wibi Ardi Alvianto M,Pd., Direktur Urusan Mahasiswa & Dosen Visual Communication Design Dept STEKOM, Indonesia. Dengan semangat kolaborasi internasional, Universitas STEKOM terus berupaya menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan untuk memenuhi tuntutan zaman. Acara ini tersedia untuk ditonton di [Youtube](https://www.youtube.com/watch?v=Mb8FKP-qpeM), memungkinkan penonton dari seluruh dunia untuk mengakses dan membagikan pengetahuan yang berharga.



    950