Why We Need Engineers Now More Than Ever: Highlight Seminar Internasional Universitas STEKOM Part 2
Berita
  • 17 November 2023
    Oleh : priyadi s. kom, m. kom 109 Views

    *Semarang, 26 Juni 2023*

     

    Pada hari Senin, 26 Juni 2023, Universitas STEKOM menggelar seminar daring dengan tema "Why We Need Engineers Now More Than Ever." Acara ini menjadi platform untuk membahas peran penting insinyur dalam mengatasi tantangan global. Salah satu pembicara yang menyampaikan presentasi dalam seminar ini adalah Wibi Ardi Alvianto M,Pd., Direktur Urusan Mahasiswa & Dosen Visual Communication Design Dept dari STEKOM, Indonesia.

     

    Acara yang dipandu oleh MC Novita dari International Affairs STEKOM University ini dihadiri oleh sejumlah pembicara terkemuka, antara lain:

     

    1. Dr. Fuad Baghirov (Senior Lecturer in Economy Field) dari WCU, Azerbaijan.

    2. Engineer Md. Safaet Hossain (Additional Director, IQAC and Head Dept of Comp Science & Engineering) dari CU, Bangladesh.

    3. Wibi Ardi Alvianto M,Pd. (Direktur Urusan Mahasiswa & Dosen Visual Communication Design Dept) dari STEKOM, Indonesia.

     

    Tanggal pelaksanaan seminar adalah Senin, 26 Juni 2023, pukul 14.00 - 16.00 WIB. Acara ini dapat diakses melalui link Youtube dokumentasi: [https://www.youtube.com/watch?v=Mb8FKP-qpeM](https://www.youtube.com/watch?v=Mb8FKP-qpeM).

     

    **Skrip Presentasi Wibi Ardi Alvianto M,Pd.**

     

    Dalam presentasinya, Wibi Ardi Alvianto M,Pd. membuka sambutannya dengan menyampaikan salam kepada semua peserta dari Indonesia. Dia berbagi materi presentasinya yang membahas definisi, tugas, dan keterampilan seorang insinyur serta relevansinya di dunia saat ini.

     

    Wibi menjelaskan bahwa menjadi seorang insinyur tidak hanya cukup dengan lulus dan mendapatkan gelar sarjana teknik. Ada tahapan tertentu yang harus diikuti, termasuk mengikuti program profesional insinyur untuk memperoleh sertifikat insinyur profesional.

     

    Dia menjelaskan bahwa insinyur memiliki tiga tugas utama: menciptakan teknologi baru, memiliki tanggung jawab sosial, dan mengembangkan solusi baru. Selain itu, Wibi menguraikan beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang insinyur, antara lain pengetahuan teknis yang mutakhir, kemampuan komunikasi, kepemimpinan, keterampilan interpersonal, pemikiran kritis, kreativitas, dan perhatian terhadap detail.

     

    Lebih lanjut, Wibi menjelaskan peran dan tanggung jawab insinyur sipil. Mereka bertanggung jawab dalam pengembangan proyek yang berkaitan dengan masyarakat, seperti jembatan, bandara, atau sistem penyimpanan air. Keterampilan teknis, manajemen proyek, komunikasi, pemikiran kritis, dan perhatian terhadap detail menjadi kunci keberhasilan seorang insinyur sipil.

     

    Dalam kesimpulannya, Wibi menyatakan bahwa insinyur memiliki peran yang sangat penting dalam perancangan dan implementasi proyek, dan bahwa tanggung jawab sosial dan keterampilan tertentu sangat diperlukan dalam profesi ini.

     

    Seminar ini menjadi wadah diskusi yang sangat berharga untuk memahami betapa pentingnya peran insinyur dalam menghadapi tantangan-tantangan masa kini. Universitas STEKOM terus berkomitmen untuk menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan agar dapat memenuhi tuntutan zaman.



    950